oleh

7 Tips Membuat CV yang Menarik

membuat cv yang menarik

Curriculum vitae atau yang biasa dikenal dengan singkatan CV adalah dokumen yang tak terlepas dari dunia pekerjaan profesional, CV menjadi filter pertama HRD (Human Resources Development) dalam memilih calon calon karyawan. Namun, perkara membuat CV yang menarik bukan hal yang mudah.

CV biasanya berisi profil dan pengalaman, biasanya ada pengalaman kerja, magang, organisasi bahkan volunteering. Namun, biarpun isinya sederhana tidak semua CV menarik di mata HRD. Ada beberapa CV yang bahkan HRD pun malas untuk membacanya, ada yang bisa membuat HRD tertarik untuk membaca dan akhirnya membawa Anda ke jenjang tes berikutnya.

Karena itulah Anda harus mengerti bagaimana cara membuat CV yang menarik di mata HRD, sehingga peluang Anda untuk lolos lebih besar.

1. Pahami Isi Dari CV Terlebih Dahulu

memahami isi cv

Memahami isi dari CV perlu dilakukan agar Anda tidak kebingungan tentang hal-hal apa saja yang perlu ditulis di CV. Biasanya isi CV adalah sebagai berikut :

  • Identitas Diri

Biasanya berisi nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon dan alamat email namun Anda juga bisa menambahkan tanggal lahir.

  • Pendidikan

Di bagian pendidikan Anda bisa menuliskan tentang pendidikan terakhir, jurusan dan IPK

  • Personalitas

Personalitas biasanya berisi tentang gambaran singkat tentang karakter diri Anda

  • Keterampilan

Keterampilan bierisi tentang passion yang Anda miliki, hobi dan soft skill lainnya.

  • Proyek dan Pengalaman Kerja
Baca Juga  5 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris English Academy

Jika Anda memiliki sejumlah pengalaman mengikuti proyek maupun magang atau pengalaman kerja lainnya, Anda bisa tulis di bagian ini.

  • Training/Pelatihan Terbaru 

Jika Anda adalah orang yang aktif mengikuti pelatihan dan memiliki sejumlah sertifikasi tuliskan saja di bagian ini.

Namun, pastikan jangan terlalu banyak kalimat karena menghindari kepadatan CV.

2. Buat Design Sederhana Namun Tetap Menarik

Design CV yang menarik dapat menambah nilai plus di mata HRD, pilihlah design yang simple dengan tidak mengurangi value dari isi CV itu sendiri.

Pemakaian italic, bold, dan capslock harus benar-benar diperhatikan serta jenis huruf yang dipilih. Design yang eye-catching dan font yang simple dapat membuat orang lebih nyaman untuk membacanya.

3. Cantumkan Informasi Pengalaman Bekerja Secara Detail 

Jika Anda pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan secara mendetail tentang kompleksitas pekerjaan dan deskripsi pekerjaan Anda sebelumnya.

Namun, jika Anda belum memiliki pengalaman pekerjaan apapun sebelumnya, Anda dapat meyakinkan HRD dengan skill yang Anda miliki memang cocok untuk pekerjaan terkait.

4. Sisipkan Kontak Referensi

Bagian ini sering dilupakan oleh para pelamar pekerjaan, menyisipkan kontak referensi bertujuan untuk membangun kredibilitas Anda lebih baik. Saat mengisi kontak referensi pastikan Anda meminta izin dahulu oleh pihak ketiga yang Anda minta sebagai seumber referensi.

5. Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing Anda

Jangan lupa untuk mengisi skill Bahasa yang Anda kuasai, ini penting terlebih jika Anda melamar di perusahaan multinasional. Selain itu, menambahkan skill Bahasa dapat menambah ketertarikan HRD terhadap CV.

Anda juga bisa membuat CV Anda dengan full bahasa Inggris untuk lebih meyakinkan HRD terhadap skill yang Anda miliki, namun tetap perhatikan diksi dan cara penulisan yang tetap formal namun simple.

6. Tambahkan Informasi Sosial Media Anda

Terkadang menambahkan informasi sosial media menjadi sangat berpengaruh untuk karir Anda kedepannya. Ini akan membantu HRD dalam memahami diri Anda, interest dan hal-hal positif apa saja yang telah Anda lakukan.

Baca Juga  Ruangbelajar Produk Unggulan Baru dari Ruangguru

Namun, cobalah untuk membuat sosial media Anda sebagai portofolio passion atau tentang hal-hal apa saja yang telah Anda raih. Contoh akun-akun sosial media yang bisa Anda tambahkan adalah Linkedln, Facebook, dan Instagram.

7. Tambahkan Soft Skill yang Anda Miliki

Dalam dunia kerja tidak hanya hard skill yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, kemampuan soft skill juga sangat dibutuhkan, karena kemampuan ini akan membawa Anda lebih mudah lagi untuk meningkatkan karir dan bermanfaat tentunya bagi kelangsungan perusahaan.

Anda bisa menulis seperti kemampuan komunikasi, team work, negosiasi, berpikir kritis dan sebagainya.

kelas membuat cv yang menarik di SkillAcademy

Itulah 7 tips untuk membuat CV Anda menjadi lebih menarik lagi di mata HRD dan perusahaan. Jika Anda merasa kurang jelas dengan penjelasan di artikel ini Anda dapat mengikuti kelas khusus tentang Belajar Membuat CV yang Menarik di Skill Academy, di sini Anda akan diajarkan secara mendetail tentang langkah-langkah praktis langsung oleh Co-Founder Ruang Guru yaitu Iman Usman. Atau, Anda dapat mengikuti kelas SkillAcademy lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya