oleh

7 Tips Memilih Nama Domain

tips memilih nama domain

Pendahuluan

Jika ingin meningkatkan image dan presensi untuk diri kita maka memiliki sebuah website adalah suatu kewajiban. Jika anda ingin memiliki website maka untuk menandakan identitas website anda, anda perlu memiliki sebuah domain.

Nah, karena nama domain merepresentasikan brand, merk dan identitas anda maka anda harus memiliki nama yang unik, catchy dan menarik yang mudah diingat oleh visitor. Tanpa panjang lebar lagi yuk kita simak tips memilih nama domain, apa aja yang bisa kamu lakukan agar memiliki nama domain yang bagus.

Tips – tips

1. Memilih nama domain yang mudah dieja dan diketik

Nama domain yang digunakan haruslah mudah untuk dieja dan diketik. Usahakan tidak memilih nama domain yang memiliki simbol atau tanda baca tertentu, maupun hindari memakai huruf konsonan secara berurutan secara berulang.

2. Pilihlah nama domain yang pendek dan mudah diingat

Nama domain yang pendek akan cenderung lebih mudah diingat, namun tetap usahakan jangan sampai melenceng dari niche blog atau website anda agar visitor semakin mudah menemukan website anda. Hindari juga menggunakan tanda (-) karna membuat nama domain semakin panjang.

3. Jangan menggunakan merk, brand atau trademark website lain

Hal ini berkaitan dengan hukum karena brand, merk maupun trademark website lain bisa jadi telah di patenkan, maka jika anda sengaja atau tidak sengaja menyelipkan atau menggunakan trademark tersebut bisa dituntut oleh yang punya merk dagangnya. Maka, pilihlah nama domain anda sendiri sekreatif dan atraktif mungkin.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Https Pada Blogspot

4. Hindarilah menggunakan simbol

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, menggunakan simbol bisa membuat nama domain menjadi kurang mudah diingat dan terlihat panjang, jika terdapat 2 kata dalam satu domain maka digabung saja tidak masalah.

5. Jangan menggunakan nama domain yang sudah pernah dipakai/didaftarkan

Ini adalah hal yang agak tricky, mengingat kita agak susah untuk track mana domain yang belum pernah dan sudah pernah dipakai atau didaftarkan. Mengapa demikian ? karena kita tidak pernah tau domain ini dulunya digunakan untuk apa, ditakutkan digunakan untuk hal-hal yang masuk kedalam hal-hal yang dilarang oleh Google Guidelines.

6. Gunakan nama domain yang unik dan menarik

Ini menuntut kreatifitas anda, karena menggunakan nama domain yang unik dan menarik bisa membuat website anda lebih memorable.

7. Gunakanlah ekstensi TLD yang tepat

top level domain
Berbagai macam Top Level Domain

Terdapat beberapa TLD (Top Level Domain) yang bisa anda gunakan, beberapa TLD ini dipandang yang dipercaya oleh mesin pencari karena banyak digunakan oleh banyak developer blog dan website. Berikut TLD yang sering digunakan dan dapat menjadi pilihan :
.com untuk website komersial, perusahaan atau komunitas,
.info untuk website yang bersifat informatif,
.net untuk website yang membahas hal – hal teknis,
.org untuk website komunitas non komersial atau non profit
dan lain sebagainya

Demikian tentang bagaimana cara memilih nama domain yang tepat, jangan takut untuk mencoba, dan jika anda ingin membeli domain jangan lupa kunjungi artikel berikut kupon hosting dan domain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya