oleh

Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, dunia digital menawarkan banyak peluang untuk menghasilkan uang. Salah satu opsi cara yang paling menarik adalah bisnis affiliate marketing. Anda memiliki kesempatan untuk dapat mulai mendapatkan keuntungan dari bisnis Affiliate di tahun 2020 ini.

Jika Anda tertarik pada Affiliate Marketing, kami siap memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan untuk memulai. Dan panduan ini yang akan menuntun Anda melalui proses Affiliate Marketing dan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakannya untuk mulai menghasilkan uang secara online.

Panduan lengkap Cara Bisnis Affiliate Marketing

Anda menerima komisi setiap kali seseorang membeli produk online berdasarkan rekomendasi Anda. Jadi, apa yang akan menjadi definisi Affiliate Marketing?

“Affiliate Marketing adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain atau perusahaan.”

Mekanika proses ini sederhana. Ini dimulai dengan menemukan produk menarik yang Anda sukai, berusaha mempromosikannya kepada orang lain dan, pada akhirnya, mendapatkan sepotong keuntungan (komisi) untuk setiap penjualan yang berhasil.

Tiga hal penting untuk memulai Affiliate Marketing

Untuk menjadi sukses, semua pihak yang terlibat dalam Affiliate Marketing harus terhubung dan berkomunikasi secara aktif. Bagian penting dari koneksi ini adalah hubungan yang terbentuk antara pengiklan, penerbit, dan konsumen.

1. Pemasang iklan

Pengiklan dalam Affiliate Marketing dapat berupa perusahaan mana pun yang menjual produk (kosmetik, komputer, laptop, hp, peralatan dapur, elektronik, kain, dll.) Atau layanan (perangkat lunak, penyimpanan cloud, permainan video, dll.). Ada juga satu lagi ciri pembeda yang mendefinisikan Anda sebagai pengiklan. Anda harus siap membayar orang lain untuk membantu Anda menjual produk dan mempromosikan situs web Anda.

2. Penerbit

Seseorang yang mempromosikan produk atau layanan pengiklan. Sebagai gantinya, penerbit mendapat komisi. Biasanya, ada kontrak yang mengikat penerbit dan pengiklan. Sebagai bagian dari kontrak ini, pengiklan adalah pihak yang memberi penerbit iklan teks, tautan, dan spanduk. Penerbit kemudian menggunakannya di situs web mereka untuk mempromosikan produk dan layanan pengiklan. Penerbit juga dikenal sebagai afiliasi – masa depan Anda.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Affiliate di Clickbank

3. Konsumen

Pada akhirnya, sebagai pihak yang terlibat terakhir dalam Affiliate Marketing, kami memiliki konsumen. Konsumen adalah orang yang melihat iklan di situs web penerbit, mengambil tindakan (misalnya klik, mengisi form, mengirimkan info) yang mengarahkan mereka ke situs web pengiklan untuk menyelesaikan tindakan seperti contohnya (melakukan pembelian atau pun berlangganan layanan). Inilah disebut sebagai konversi.

Pelacakan konversi adalah salah satu aspek terpenting dari Affiliate Marketing. Mengetahui dari mana asal penjualan Anda dan apa yang memicu pengunjung untuk membeli suatu produk, Anda dapat meningkatkan bisnis Anda.

4. Menemukan produk yang tepat

Dalam Affiliate Marketing, Anda dapat mempromosikan produk atau layanan apa pun. Pemasar afiliasi berpengalaman mengatakan bahwa mereka telah mencapai hasil terbaik dengan menjual produk yang sudah mereka kenal. Jika Anda memilih untuk mempromosikan produk atau layanan yang telah Anda gunakan dan itu telah membantu Anda memecahkan masalah atau mencapai sesuatu, ada kemungkinan lebih besar bahwa Anda akan berhasil mempromosikannya.

Jika Anda yakin dengan produk itu dan Anda dapat mendukung kegiatan promosi Anda, Anda telah memilih produk yang tepat. Jika Anda tidak tahu apa-apa dan tidak yakin bagaimana menemukan produk afiliasi yang dapat Anda promosikan, berikut adalah cara mencarinya:

  • Periksa pasar afiliasi seperti ClickBank, Amazon, atau ShareASale untuk menemukan perusahaan yang menawarkan program afiliasi.
  • Lakukan pencarian google di “Nama produk + program afiliasi” untuk melihat apakah produk yang diinginkan memiliki program afiliasi.

Kami juga memiliki panduan yang lengkap tentang afiliasi amazon disini.

Jika Anda sudah membuat blog, cobalah mencari produk dari niche Anda. Misalnya, jika Anda menulis tentang ponsel smartphone dan komputer, Anda dapat mencoba menemukan program afiliasi untuk barang-barang ini. Produk semacam itu memiliki nama dalam Affiliate Marketing – produk afiliasi niche.

Baca Juga  5 Cara Menjual Iklan di Blog

Sebagai seorang marketer afiliasi, salah satu hal terpenting untuk dikerjakan adalah kredibilitas Anda sebagai reviewer produk. Itulah sebabnya kami menyarankan terlebih dahulu untuk mencoba menggunakan produk atau layanan sebelum menulis ulasan dan merekomendasikannya kepada orang lain. Sampai Anda meningkatkan keterampilan Anda, Anda mungkin ingin mencoba mempromosikan produk merek yang dapat dikenali. Dan kerjakan cara Anda untuk meninjau dan merekomendasikan produk dari merek yang kurang populer.

5. Menemukan target audiens

Setelah Anda memilih produk dan niche Anda, Anda harus mengenal orang-orang yang terhubung dengan audiens target Anda. Menemukan target audiens adalah penting. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa target audiens Anda dan apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Anda dapat mulai mencari tahu audiens target Anda dengan fokus membaca ulasan di niche Anda. Anda juga dapat meluangkan waktu di forum dan membaca bagian komentar di blog yang membahas topik niche Anda. Jika Anda melihat beberapa pertanyaan yang tidak terjawab muncul berulang-ulang, tuliskan. Audiens Anda perlu dijawab, dan Anda bisa melakukannya untuk mereka.

Saat Anda menjelajahi web untuk memenuhi target audiens Anda, pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  • Demografis
  • Masalah audiens target
  • Apa yang diinginkan dan tidak diinginkan audiens Anda

Setelah Anda tahu produk mana yang akan Anda promosikan dan siapa target audiens Anda, Anda harus menjawab satu pertanyaan lagi. Apa yang ingin Anda sampaikan tentang layanan atau produk itu secara khusus? Situs web harus memungkinkan pengguna untuk lebih terhubung ke produk yang Anda promosikan. Anda akan membutuhkan foto, ulasan, tips, dan trik berkualitas tinggi dan semua yang dikemas dalam desain yang menarik.

Bagian blog yang berkembang baik di situs web tentu dapat membantu karier Affiliate Marketing Anda. Anda dapat menulis artikel untuk menjawab pertanyaan audiens Anda, serta artikel di mana Anda membandingkan produk dan layanan. Jika Anda memberi nilai pada orang-orang ini, mereka akan terus kembali ke situs web Anda.

Baca Juga  5 Cara Menjual Iklan di Blog

6. Promosi

Untuk menjangkau lebih banyak orang dari audiens target Anda, Anda perlu mempelajari beberapa strategi pemasaran online yang paling efektif. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda tumbuh dan menghasilkan lebih banyak sebagai pemasar afiliasi:

  • Tingkatkan pengunjung ke situs web Anda
  • Maksimalkan aktivitas di platform media sosial
  • Dapatkan lebih banyak pelanggan dan buat daftar email
  • Buat video ulasan YouTube dari produk

7. PPC

Salah satu cara umum untuk mempromosikan produk afiliasi adalah PPC. Ini terdiri dari penawaran pada kata kunci yang relevan. Untuk mengetahui kata kunci mana yang terkait dengan produk yang Anda promosikan, Anda harus bekerja pada keterampilan AdWords Anda dan melakukan penelitian kata kunci yang tepat. Kuncinya adalah mengidentifikasi kata kunci yang menginspirasi konversi.

8. SEO

SEO juga merupakan cara yang layak untuk mempromosikan produk afiliasi. Ketika Anda memiliki situs web di mana Anda mempromosikan produk atau layanan SEO adalah langkah cerdas dalam jangka panjang. Ini akan meningkatkan visibilitas situs web Anda dan membantu Anda meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

9. Email Marketing

Email marketing adalah aset yang kuat ketika mempromosikan produk dan layanan. jadi apa salahnya anda mencoba promosi website dengan email.

Kesimpulan

Afiliasi marketing adalah cara yang baik untuk mencari nafkah, tetapi sebelum Anda dapat mulai menghitung penghasilan komisi Anda, ada banyak hal yang harus dilakukan. Anda perlu menemukan produk atau layanan yang ingin Anda promosikan, mengidentifikasi kebutuhan audiens target Anda, dan menyesuaikan situs web Anda untuk tujuan Affiliate Marketing.

Pendapatan pasif yang mantap hanya mengikuti kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Melakukan upaya substansial di semua saluran akan membantu Anda untuk menetapkan diri sebagai promotor dan peninjau yang kredibel, Dan itulah beberapa tips tentang cara bisnis afiliasi marketing dari dewapedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tentang Penulis: Dewapedia

Gambar Gravatar
Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

Artikel lainnya