oleh

12 Cara Membuat Artikel Untuk Pemula

Cara Membuat Artikel Untuk Pemula

Halo sobat dewapedia, Kali ini kita akan membahas cara mudah dan lengkap membuat artikel untuk pemula. Jika kamu ingin memulai membuat blog atau website baru, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang akan kamu ditulis. Apa pun tujuan blog, entah itu untuk pribadi atau bisnis, konten akan memainkan peran penting dalam kesuksesan blog anda.

Jadi, Jika kamu mencari tutorial lengkap cara membuat artikel untuk pemula maka kamu datang pada blog yang tepat. Karena disini kita akan membahas step by step cara membuat artikel. Silahkan baca tutorialnya dibawah yah..

Panduan lengkap Cara Membuat Artikel

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menulis posting blog Anda dan membuatnya informatif.

Definisi posting blog

Posting blog adalah entri (artikel) yang Anda tulis di blog. Itu dapat mencakup konten dalam bentuk teks, foto, infografis, atau video.

Struktur posting blog

Berikut ini adalah struktur dasar dari posting blog yang bagus:

Cara Membuat Artikel Untuk Pemula

Cara Membuat Artikel Untuk Pemula

1. Judul

Judul, atau judul, dari posting blog Anda, harus menarik perhatian pembaca. Orang-orang dapat melihatnya di umpan berita media sosial atau hasil pencarian mereka. Pastikan Anda memasukkan frasa kata kunci utama yang dapat digunakan orang saat mencari topik yang Anda tulis.

Baca Juga  4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

2. Tanggal penerbitan

Tanggal penerbitan konten Anda adalah opsional tetapi disarankan. Jika Anda sering memperbarui blog Anda, tanggal posting dapat membantu pengunjung Anda untuk menentukan posting terbaru. Ini tidak begitu penting tetapi dengan menambahkan tanggal penerbitan atau update maka pengunjung blog anda akan tau bahwa blog anda selalu update.

3. Penulis by-line

Penulis by-line membantu pembaca mengidentifikasi siapa yang menulis konten dan sangat penting untuk blog dengan banyak penulis. Selain itu, penulis by-line dapat memberikan konten Anda lebih banyak kepercayaan jika penulis yang dikenal membuatnya.

4. Kategori pos

Kategori yang digunakan untuk mengelompokkan konten Anda menjadi beberapa bagian. Disarankan untuk menggunakan tag kategori untuk setiap posting blog yang Anda buat. Mengelompokkan konten yang relevan bersama akan membantu pengunjung Anda dan mesin pencari merayapi blog Anda.

5. Pengantar

Paragraf pertama dari posting blog Anda harus sangat unik agar mereka tau artikel apa yang anda tulis nanti, Pengantar adalah sebuah kata sebelum anda menulis artikel utama pada web atau blog.

6. Isi utama

Ini adalah bagian utama dari konten posting blog Anda. Pikirkan judul agar konten anda semakin menarik. Panjang posting blog Anda dapat berkisar dari 300 hingga 3.000 kata atau lebih. Yang terbaik adalah mengganti panjang posting Anda saat Anda mendapatkan wawasan tentang apa yang terbaik untuk audiens Anda.

7. Sub-headline

Banyak orang akan memindai konten blog Anda daripada membacanya kata demi kata. Tuliskan subjudul yang memecah konten Anda menjadi bagian-bagian yang dapat dicerna. Pastikan subtitle tersebut mewakili konten di dalamnya.

8. Teks tebal

Gunakan teks tebal di beberapa area konten utama Anda untuk membantu menyoroti poin-poin penting. Gunakan secara selektif. Jika tidak, seluruh artikel Anda akan tampak tebal, sehingga menghilangkan kemampuan untuk menyoroti bagian-bagian utama dari konten.

Baca Juga  5 Cara Cek Ranking Website di Google

9. Daftar berpoin / bernomor

Meskipun Anda tidak ingin seluruh posting Anda dipenuhi dengan poin atau angka, daftar ini membantu memisahkan langkah dan tabel dengan konten yang bermanfaat.

10. Media

Tambahkan bagian teks dari konten Anda dengan media, seperti gambar dan video terkait. Ini akan membantu memecah konten Anda dan menggambarkan poin Anda dengan lebih baik.

Paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan gambar unggulan ke posting Anda. Tambahkan frase kata kunci utama posting Anda di nama file gambar serta tag ALT. Ini akan membantu Anda dalam pencarian optimasi posting Anda.

Kesimpulannya harus satu atau dua paragraf di akhir posting Anda untuk meringkas konten yang Anda tulis. Pembaca harus memahami materi apa yang telah Anda tulis. Jika tidak, kemungkinannya adalah, mereka akan kembali untuk melihat apa yang mungkin mereka lewatkan.

11. Tombol share

Media sosial adalah instrumen yang berguna untuk mempromosikan konten blog Anda. Anda harus memastikan untuk memasukkan tombol sosial ke semua konten Anda, sehingga orang dapat dengan mudah membagikannya di jejaring sosial seperti facebook, instagram atau twitter. Anda dapat menempatkannya di bagian atas konten Anda, di bagian bawah konten Anda, atau di samping, sebagai widget.

12 Cara Membuat Artikel Untuk Pemula 1

12. Bagian komentar

Selain konten posting blog Anda, komentar adalah bagian terpenting dari blog Anda. Bagian ini memberi pembaca Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan Anda dan pengunjung lain. Penting bagi Anda untuk menanggapi komentar dan membuka percakapan.

Anda tidak harus memasukkan semua elemen dari daftar ini di setiap posting. Pastikan Anda selalu memiliki pengantar yang menarik, konten berkualitas, dan kesimpulan yang solid.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah menguasai dasar-dasarnya dan memahami struktur posting blog. Hal berikutnya adalah bereksperimen dengan konten Anda. Jangan lupa untuk mencari ide tulisan yang baik dan bermanfaat untuk para pembaca. Semoga artikel ini dapat membantu untuk yang ingin memulai membuat artikel pada blog atau website.

Tentang Penulis: Dewapedia

Gambar Gravatar
Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Artikel lainnya