oleh

4 Fitur Facebook Dynamic Ads Membantu Meningkatkan Penjualan

Fitur Facebook Dynamic Ads

fitur facebook dynamic ads

Facebook menjadi media sosial yang sangat populer saat ini, dengan pengguna aktif yang berjumlah lebih dari dua miliar setiap bulannya platform ini sangat cocok untuk mempromosikan produk. Dengan pengguna aktif yang cukup banyak, kita memiliki kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan kemampuan ini, tak heran kalau para digital marketer menggunakan Facebook untuk menjalankan kampanye digital. Facebook paham dengan potensi ini, maka mereka mengeluarkan beberapa fitur yang dapat digunakan para digital marketer untuk mengembangkan bisnis dan marketing.

Salah satu fitur yang paling direkomendasikan adalah Facebook Dynamic Ads. Fitur ini pada dasarnya adalah fitur yang memfasilitasi orang-orang yang ingin beriklan di Facebook. Salah satu yang unik adalah Facebook menggunakan data feeds untuk menghasilkan dan menayangkan iklan yang unik.

Kita bisa memasang berbagai macam tipe media mulai dari foto hingga carousel. Bagaimana caranya Facebook Dynamic Ads bisa membantu kita untuk meningkatkan penjualan di bisnis ?

1. Mempromosikan Produk di Catalog

Jika Anda adalah pebisnis online yang memiliki banyak produk, maka akan sangat merepotkan jika harus mengiklankannya satu persatu di iklan yang berbeda. Dengan fitur yang ada di Facebook Dynamic Ads ini Anda dapat mengiklankan seluruh produk yang ada dalam list catalog Anda dengan template yang scalable.

Dengan cara ini Facebook akan secara otomatis mengumpulkan berbagai info relevan terkait data feed produk Anda yang kemudian dipromosikan ke target audiens yang telah ditentukan. Informasi produk bisa berupa nama, harga, foto, hingga stok. Bagaimana praktis kan ?

Baca Juga  Mau Dapet Uang Dari Menulis ? Cek Disini

2. Kustomisasi Target Audiens

facebook custom audience

Target audiens yang tepat sangat diperlukan dalam menjangkau sasaran yang tepat pula, akan sangat sia-sia jika materi iklan kita sudah baik namun kita deliver ke target audiens yang kurang tepat. Dengan Facebook Dynamic Ads kita bisa menggunakan fitur Facebook Pixel untuk membuat audiens yang tepat sasaran.

Fitur Facebook Pixel ini telah terdapat tracking khusus untuk memngumpulkan informasi terkait data audiens yang kita definisikan, melalui teknologi khusus dan algoritma yang canggih Facebook Pixel dapat membantu kita dalam efektivitas biaya dan hasil yang maksimal.

Fitur ini tidak hanya sebatas informasi tentang jenis kelamin atau umur, tetapi bisa lebih mendetail seperti ketertarikan, topik tertentu yang sedang hot, hingga konten seperti apa yang audiens sukai.

Dengan kustomisasi audiens maka diharapkan audiens makin tertarik dan peluang untuk closing lebih besar.

3. Retargeting Ads

Anda pasti pernah beberapa kali menjumpai banner-banner iklan di website, menggunakan media tersebut untuk beriklan memang tidak salah, namun kurang efektif karena kita tidak mengetahui siapa saja yang berinteraksi dan tertarik dengan offer yang kita berikan.

Terlebih lagi dengan media promosi tersebut audiens yang dijangkaupun tidak tertarget, sangat berbanding terbalik dengan Facebook Dynamic Ads yang dapat menargetkan audiens secara spesifik. Dalam dunia marketing, kita mengenal sales funnel untuk memfilter fase-fase ketertarikan audiens, dengan Facebook Dynamic Ads kita bisa mendefinisikan ulang atau biasa disebut retargeting.

Sebagai contoh, Anda pertama kali memasang iklan di Facebook Dynamic Ads. Setelah berjalan selama beberapa periode, Anda ingin menargetkan ulang iklan hanya ke audiens yang telah melihat iklan Anda sebelumnya atau ke audiens yang telah masuk ke halaman detail produk dengan materi yang berbeda.

Baca Juga  4 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Cepat

Dengan cara ini Anda dapat melakukan efektivitas marketing dengan promosi yang menarik untuk para audiens yang pernah membeli produk Anda, tentunya Anda harus membuat mailing list yang berisi siapa saja yang pernah membeli produk Anda.

4. Memonitor Facebook Dynamic Ads

Memonitor iklan sangat penting, ini adalah fitur paling dibutuhkan untuk para digital marketer. Berbeda dengan saat kita memasang iklan di banner website, kita tidak memiliki tracking sejauh mana iklan kita menghasilkan traffic dan konversi.

Dengan fitur dari Facebook Dynamic Ads, Anda dapat mengambil keputusan dengan tepat dari iklan yang sedang kita jalankan, akan lanjut, menambah budget iklan, memperbesar jangkauan atau mengganti materi iklan. Dengan fitur ini Anda juga diuntungkan karena Anda bisa melakukan tes kampanye secara lebih mudah. Atau biasa dikenal dengan A/B testing.

Misalnya Anda ingin menguji efektivitas 2 tipe audiens dengan satu materi iklan yang sama, tujuannya adalah kita mendapatkan audiens yang mana yang paling tertarik dengan materi iklan kita.

Media sosial merupakan platform yang powerful untuk beriklan, dengan fitur-fitur yang mempermudah kita untuk melakukan marketing dan kita akan lebih scalable dalam melakukan strategi marketing.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya