oleh

2 Keunggulan Kurikulum Cambridge di English Academy

Kurikulum Cambridge di English Academy

Pada Artikel kali ini kita akan membahas terkait bagaimana perbedaan antara kurikulum Cambridge di English Academy dan kurikulum di Indonesia. Pandemi menciptakan banyak sekali suka duka bagi pelajar dan pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Berbagai macam kendala pastinya sudah sering di hadapi keduanya, dari sisi siswa sulitnya memahami pelajaran saat pembelajaran jarak jauh dan dari sisi guru sulitnya menyampaikan materi.

Kurikulum yang di susun untuk sistem tatap muka langsung tentunya sudah tidak relevan lagi saat kondisi pandemi, dan tentunya akan ada banyak perubahan dan penyesuaian kurikulum untuk kenyamanan belajar mengajar. Bicara mengenai kurikulum tentunya ada perbedaan-perbedaan antara kurikulum di luar sana dengan sistem di negeri kita.

Salah satu kurikulum yang menarik yang akan kita bahas adalah kurikulim Cambridge. Kurikulum di Indonesia sendiri disesuaikan dengan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau Kurikulum 2013. Demi meningkatkan standar kualitas belajar dan menghadapi perubahan globalisasi maka ada kurikulum di Indonesia yang menggunakan kurikulum internasional.

Kurikulum Cambridge

Salah satu kurikulum internasional yang menarik adalah kurikulum Cambridge Internasional. Sudah ada sekitar 200 sekolah di Indonesia yang menerapkan kurikulum Cambridge ini. Dan yang membedakan antara kurikulum ini dengan kurikulum di Indonesia pada umumnya adalah sistem pembelajarannya.

1. Metode Pemilihan Mata Pelajaran

Hal yang paling menarik adalah kurikulum Cambridge internasional mengerucut pada mata pelajaran yang diminati oleh peserta didik, sedangkan kurikulum Indonesia lebih menyamaratakan mata pelajaran untuk semua siswa. Jadi, kurikulum Cambridge akan membebaskan siswa memilih mana mata pelajaran yang dia suka sedangkan KTSP mewajibkan semua siswa untuk mengambil mata pelajaran yang sama terlepas mereka suka atau tidak.

Baca Juga  Oppo K7x 5G Akan Dirilis Awal Bulan November

Jadi, dengan menggunakan kurikulum Cambridge siswa akan lebih terfokus dan semakin mudah untuk mendalami mata pelajaran yang dia suka.

2. Konten

Dalam kurikulum Cambridge kontennya pun lebih menarik, jadi para siswa dapat menikmati proses belajar dan tidak mudah stress. Tantangannya pada para guru adalah mereka harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan, mengemas konten dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dengan menggunakan berbagai macam media yang ada.

Pembelajaran secara kontekstual dan praktik adalah sistem pembelajaran yang banyak dilakukan pada kurikulum Cambridge.

native speaker di English Academy

Di Indonesia sendiri salah satu platform pembelajaran yang menggunakan kurikulum Cambridge adalah RuangGuru. Dimana RuangGuru memiliki layanan Les bahasa inggris terbaik dan termurah di English Academy. Di English Academy Anda akan dipandu oleh pendidik internasional (native speaker) dan juga pendidik lokal yang berpengalaman di bidangnya.

Proses belajar mengajar di English Academy akan lebih interaktif menjadi salah satu kelebihannya, karena menggunakan communicative approach. Tidak hanya itu English Academy memiliki kumpulan soal yang bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja, dan untuk pengajar bisa memantau perkembangan siswanya. Untuk siswa yang kurang baik akan mendapatkan kelas tambahan.

Siswa akan dibekali kemampuan-kemampuan seperti listening, reading, writing, dan speaking. Selain itu ada berbagai fitur yang bisa menunjang kesuksesan siswa dalam belajar seperti digital book, rekaman video pembelajaran yang tentunya dapat diakses kapan saja dan juga placement test untuk menyesuaikan level pemahaman tiap siswa.

Itu tadi beberapa perbedaan antara kurikulum Indonesia dengan Cambridge internasional dan tentunya yang mengadopsi kurikulum ini adalah RuangGuru dengan produk English Academy. Jadi, jangan ragu untuk masa depan Anda yang lebih baik bergabunglah dengan English Academy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya