oleh

Lebih Baik Pakai WireGuard atau OpenVPN ?

Lebih Baik Pakai WireGuard atau OpenVPN

Mana nih yang terbaik lebih baik pakai WireGuard atau OpenVPN ? VPN untuk server tentu sangat berbeda. Penggunaan WireGuard Windows Server sebelumnya dipandang negatif. WireGuard lebih cocok digunakan bersama Linux OS. Tapi sekarang sudah ada cara membuat WireGuard bekerja baik dalam sistem Windows.

Memang prosesnya repot, tapi banyak pihak merekomendasikannya. Karena peningkatan popularitas ini, orang menjadi bingung apakah lebih baik pakai WireGuard atau OpenVPN? Pertimbangan ini tentu harus digali lebih bagi Anda yang butuh perlindungan ekstra untuk server.

Untuk server, penggunaan VPN biasa tentu tidak cukup. Anda yang pakai NordVPN account premium misalnya, pasti tidak akan mendapatkan perlindungan sebaik WireGuard dan OpenVPN, terutama untuk keperluan server.

Perbedaan WireGuard dan OpenVPN

Untuk Anda yang merasa bingung untuk menggunakan WireGuard atau OpenVPN, mari bandingkan keduanya. Berikut adalah beberapa aspek perbandingan yang paling menonjol untuk dipertimbangkan:

Tingkat Fleksibilitas

Kelebihan WireGuard Windows Server dari segi fleksibilitas terasa kurang. Walaupun bisa digunakan pakai Windows, Anda harus melakukan banyak penyesuaian yang rumit. WireGuard awalnya di desain untuk Linux kernel. Tapi karena demand dari pengguna Windows, modifikasipun dilakukan.

Jika pakai OpenVPN, proses modifikasi tidak diperlukan. Anda bisa langsung setting dari awal untuk penggunaan di server Windows. Dari sini, bisa dilihat bahwa WireGuard Windows Server akan perlu lebih banyak usaha untuk digunakan.

WireGuard Memiliki Enkripsi yang Lebih Baik Dari OpenVPN

WireGuard menggunakan menggunakan protocol dan primitives yang meliputi ChaCha20, Curve25519, BLAKE2s, SipHash24 dan HKDF. Semua ini membuat daya tahan WireGuard lebih tinggi melawan pembobol VPN pada umumnya. OpenVPN memang baik, tapi jika Anda butuh perlindungan ekstra, WireGuard bisa jadi pilihan tepat.

Baca Juga  Ini Dia 5 Server VPN Gratis yang Praktis dan Dapat Digunakan Semua Orang

Perbedaan Penggunaan Coding

Walaupun lebih mudah modular dan fleksibel, coding untuk OpenVPN bisa lebih rumit. Untuk WireGuard, Anda hanya perlu sekitar 3,8 ribu lines code untuk aktivasi server dan perlindungannya. Sedangkan OpenVPN perlu membuat code sampai 600 ribu lines. Bagi yang malas coding, tentu penggunaan OpenVPN jauh lebih menyusahkan.

Perbedaan Perlindungan Privasi

Walaupun mampu memberikan perlindungan dari pembobol data, privasi dari WireGuard masih lemah. IP dari user akan tetap tersimpan di server jika Anda menggunakan WireGuard. Penyimpanan data user penting bagi WireGuard untuk dapat mengenali dan mengaplikasikan proteksinya. Tapi di sisi lain, OpenVPN tidak memerlukan data user, jadi identitas IP Anda tidak akan disimpan di manapun dan tidak bisa diakses oleh siapapun termasuk OpenVPN sendiri.

Mana yang Paling Cocok Untuk Keperluan Anda?

Dari banyak perbandingan di atas, Anda bisa putuskan sendiri mana yang paling pas untuk keperluan server Anda. Kedua VPN ini bekerja dengan konsep berbeda. Jadi perdebatan tentang OpenVPN vs WireGuard untuk Windows Server hanya bisa dijawab tergantung keperluan Anda. 

Jika Anda butuh VPN yang mudah digunakan dan fleksibel, OpenVPN bisa jadi solusi. Tapi sebaliknya, jika Anda benar – benar perlu perlindungan ekstra, WireGuard pasti lebih cocok. Kedua layanan ini memiliki perbedaan bekerja, tapi keduanya dipandang sebagai industri standard untuk keamanan server.Mudah – mudahan penjelasan tentang penggunaan WireGuard Windows Server vs OpenVPN sudah jelas bagi Anda. Putuskan mana yang paling cocok sebelum tentukan pilihan penggunaan. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Tentang Penulis: Dewapedia

Gambar Gravatar
Kegagalan adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya