oleh

Pengertian SEO On Site Off Site Lengkap

seo on page dan off page

SEO on site off site adalah kategori SEO berdasar teknik optimasinya. Setidaknya ada tiga kategori SEO yang masing-masing memiliki strategi dan item pekerjaan. Apabila Anda tidak familiar dengan SEO, Anda berada di situs yang tepat untuk belajar.

Apa itu SEO?

SEO adalah search engine optimization, yang merupakan seperangkat aturan untuk memaksimalkan situs web Anda. Tujuan utamanya untuk membuat situs Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian. 

SEO menjadi penting karena dengan meningkatnya kunjungan ke situs web Anda, maka semakin populer situs Anda, dan makin banyak uang yang bisa didapatkan lewat iklan. 

Cara yang paling baik untuk belajar cara kerja SEO adalah dengan berlatih. Coba terapkan beberapa teknik SEO yang Anda pelajari, lalu cek peringkat situs Anda. Apabila lalu lintas organik dan peringkat meningkat, berarti teknik optimasi yang Anda pakai sudah tepat. Jika tidak berhasil, maka coba cari teknik lain.

Jenis-jenis SEO

Ada tiga jenis SEO yang harus diketahui. Yang pertama adalah SEO Teknis. Jenis ini memastikan mesin pencari dapat mengindeks dan menjelajah situs web Anda. Yang lain adalah SEO On Page, yaitu serangkaian teknik dan strategi dalam memaksimalkan website dari dalam situs. Jenis ini sering disebut juga sebagai SEO di tempat. Penerapannya adalah pada konten dan situs, agar SEO-friendly atau ramah mesin pencari.

Yang terakhir adalah SEO Off Page. Ini adalah strategi pemaksimalan website yang berada di luar situs Anda. SEO ini berupa sinyal yang akan membantu untuk mempromosikan blog atau situs web yang Anda kelola. Tujuannya sama, untuk dapat peringkat tinggi dalam mesin pencari. Coba juga untuk lihat Google Guidelines SEO.

Baca Juga  13 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda

SEO On Page

SEO on site off site atau On Page sedikit berbeda. Untuk SEO on page atau on site adalah teknik yang langsung diaplikasikan pada situs web itu sendiri agar mesin pencari tahu website Anda sudah sesuai atau relevan dengan uang dicari pengunjung.  

Jadi, dengan teknik ini, Anda akan mengoptimalkan situs Anda agar kontennya betul-betul bermanfaat bagi pengunjung. Tujuan lain agar pengunjung bisa menggali lebih dan merasa betah dengan artikel yang dimuat, dan juga memudahkan mesin pencari paham struktur situs web Anda.

SEO Off Page

SEO off site atau off page berbeda dengan teknik yang sebelumnya. Teknik ini membantu Anda mengoptimalkan situs Anda dengan proses yang dilakukan dari luar. Caranya dengan mencari backlink lalu membantu Anda mempromosikan situs web Anda.Kedua teknik ini bisa dilakukan bersamaan, dan apabila dilakukan dengan baik dan efektif, maka hasilnya akan baik pula. Salah satu cara penggunaan SEO off page adalah penggunaan media sosial seperti Instagram. Dengan teknik ini, situs Anda akan dipromosikan ke media sosial. Bisa juga dilakukan dengan anchor text, yaitu mengaitkan kalimat yang dipakai langsung ke situs web. Ini adalah perbedaan SEO on site off site.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Artikel lainnya