oleh

5 Skill Jurusan Sistem Informasi yang Wajib Dimiliki

skill jurusan sistem informasi

Jurusan sistem informasi merupakan salah satu jurusan yang terbilang ngehits di berbagai kampus yang ada di Indonesia. Bagaimana nggak ngehits, mahasiswa jurusan sistem informasi bakalan menjadi orang yang sangat mengikuti perkembangan dan kemajuan sistem informasi di era kekinian, karena skill jurusan sistem informasi yang mereka miliki.

Ibarat kata, mahasiswa jurusan sistem informasi adalah sekumpulan anak muda yang sudah hampir pasti tidak akan ketinggalan zaman. Hal itulah yang merupakan salah satu dari sedikit image yang membuat jurusan sistem informasi menjadi sangat keren melalui keberadaan para mahasiswa dan mahasiswinya. 

Jurusan sistem informasi pada dasarnya merupakan gabungan antara ilmu komputer dan juga ilmu bisnis serta manajemen yang dipadukan dalam pembelajaran satu program studi. Maka, tak heran bila para alumnus dari jurusan ini akan sangat dicari dicari oleh berbagai instansi dan perusahaan berkat kompetensi dan bekal teori serta pengetahuan yang didapatnya saat berkuliah. 

Termasuk di Universitas Gunadarma, jurusan sistem informasi menjadi salah satu jurusan yang sangat difavoritkan sebagai tujuan berkuliah. Tapi, sebelum para calon mahasiswa baru mendaftar di jurusan sistem informasi perguruan tinggi, ada banyak sekali persiapan yang diperlukan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai skill yang wajib dimiliki oleh para calon mahasiswa baru di jurusan sistem infomasi. Berikut ini ulasannya :

1. Paham Pemrograman

Sebagai mahasiswa jurusan sistem informasi, sudah barang tentu wajib hukumnya untuk memiliki modal skill dalam bidang pemrograman. Artinya, mahasiswa jurusan sistem informasi harus paham soal Koding. Pemahaman dan skill tentang Koding akan banyak meningkatkan efektifitas kinerja seorang mahasiswa jurusan sistem informasi saat mengerjakan sebuah fitur ataupun program, baik dari segi estimasi waktu pengerjaan dan juga masukan dalam hal teknis. 

Baca Juga  4 Langkah Cara Mendaftarkan Website di RevenueHits

Pada intinya, skill jurusan sistem informasi adalah pemrograman, yang benar-benar wajib dikuasai sebagai modal awal sekaligus modal utama dalam menyelami dunia sistem informasi. Tanpa dibekali skill yang satu ini, hampir mustahil seorang mahasiswa sistem informasi dapat bertahan di dunia sistem informasi. 

2. Komunikasi Publik yang Mumpuni dan Efektif

Komunikasi menjadi skill yang sangat fundamental dan penting dalam berbagai sektor kerja dan juga kehidupan. Termasuk dalam bidang sistem informasi, seorang alumnus sistem informasi akan selalu dihadapkan dengan programmer, klien bisnis dan juga customer dalam berbagai komunikasinya mulai dari membahas konsep hingga eksekusi produk dengan seorang programmer.

Alumnus Sistem informasi akan selalu memposisikan diri sebagai representasi dari para customer saat melakukan kontak dengan para tim developer. Interaksi yang dilakukan secara konstan dengan tim developer dengan melakukan costumer servey harus dilakukan dengan baik, bagaimana alumnus sistem informasi menggunakan kemampuan komunikasinya dengan efektif. 

3. Kemampuan Menulis yang Baik

Seorang alumnus sistem informasi juga dituntut untuk memiliki kecakapan dalam hal menulis, karena mereka akan selalu dihadapkan pada sebuah dokumen kerja. Sebagai manajer produk, Product Requirement Document (PRD) akan selalu menuntut dan membutuhkan kemampuan menulis yang baik. 

Product Requirement Document harus dihasilkan dalam bentuk tulisan yang mudah dibaca dan bahasannya meliputi segala fitur dari suatu produk. Sehingga berbagai pihak yang terlibat didalamnya dapat memahaminya dengan mudah. 

Artinya, sembari mempersiapkan diri sejak di perguruan tinggi, anak sistem informasi bisa mengasah skill menulisnya. Ada banyak sekali berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa menjadi wadah yang kompetitif dalam mengasah kemampuan menulis bagi anak sistem informasi. 

3. Kemampuan Analisa Data yang Tajam

Sebagai seorang produk manager, tentunya akan bertanggung jawab secara utuh terhadap suksesnya suatu produk yang dirilis. Indikator kesuksesan sebuah produk tentu harus dilalui dengan menganalisis berbagai data yang berkaitan dengan suatu produk yang menjadi tanggung jawabnya. 

Baca Juga  7 Tips Membuat CV yang Menarik

Modal kemampuan tersebut bahkan bisa dipupuk oleh mahasiswa jurusan sistem informasi sejak masih berkuliah di kampus. Caranya yakni dengan membiasakan diri mengolah data melalui excel, hingga Google Sheet. Selain itu, tak kalah pentingnya untuk mempelajari bagaimana pembuatan chart, vlookup, index-match dan juga pivot table. 

4. Orientasi Desain yang Baik

Seorang produk manajer juga akan memiliki momen untuk berinteraksi dengan para UI  dan UX Designer. Seorang produk manager harus memiliki orientasi desain yang baik dengan memberikan masukan terhadap desain suatu produk yang bisa menarik para customer. 

Modal kemampuan yang satu ini bisa dipupuk dengan berbagai cara, mulai dari mengulik software yang berkaitan dengan prototyping, seperti Balsamiq dan juga Invision. Cara tersebut dapat memungkinkan seorang mahasiswa jurusan sistem informasi untuk dapat mengolah ide dan orientasi desainnya secara murni dan orisinil.

5. Skill Presentasi yang Baik

Memvisualisasikan data dari suatu produk yang menjadi tanggung jawab seorang produk manajer bukan perkara mudah. Perlu kecakapan dalam hal mempresentasikan dari fitur dan kinerja detail dari suatu produk yang digawangi seorang produk manajer. 

Mahasiswa jurusan sistem informasi perlu mengasah kemampuannya dalam memvisualisasi data dalam bentuk grafik. Sehingga pihak lain yang menerima materi visualisasi data akan bisa menangkap berbagai informasinya secara efektif. Itulah ulasan mengenai berbagai skill yang wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan sistem infomasi. Maka, dengan segala prospeknya, kamu tentu harus memilih kampus yang memiliki jurusan sistem informasi yang mumpuni, jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma merupakan salah satu rekomendasi terbaik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.