oleh

Update Algoritma Google Terbaru 2020

Pendahuluan

Sejak Mei 2020 para blogger banyak yang mengeluhkan karena posisi dan index-nya drop secara drastis dikarenakan Google melakukan core update. Sepanjang saya blogging baru kali ini merasakan dampak signifikan core update dari Google. Semua teknik SEO yang telah dilakukan jauh-jauh hari seakan sia-sia karena efeknya tidak berasa. Melalui akun twitter Google SearchLiaison, Google mengumumkan bahwa core update akan berlangsung estimasi 2 minggu, namun ini bersifat tentatif. Lalu, apa aja sih yang diubah di update algoritma Google terbaru Mei 2020 ini, simak baik-baik.

Apa saja yang berubah ?

Google belum mengumumkan secara resmi apa saja yang diubah di core update ini, namun perubahan ini akan menjadi dampak positif bagi user, dikarenakan Google sangat mengutamakan experience pengguna. Akan tetapi, jika berdampak buruk hal yang mungkin bisa dilakukan yaitu mengevaluasi strategi SEO yang sudah anda lakukan sebelumnya. Hal ini memungkinkan anda untuk bisa belajar faktor-faktor penentu SEO terbaru.

Core Update terakhir rilis saat Januari 2020. Kalaupun sekarang sudah melakukan pembaharuan lagi, asumsinya, mungkin update Mei 2020 adalah penyempurna dari update sebelumnya.

Langkah apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki website yang terkena core update ?

Google lagi-lagi tidak mempublikasikan langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena penalti akibat core update ini, namun, dugaan sementara adalah mengurangi keyword stuffing. Apa itu keyword stuffing akan dibahas di artikel selanjutnya ya.
Keyword stuffing yang merupakan teknik menumpuk kata kunci di satu artikel dengan tidak menggunakan kombinasi sudah dipandang Google sebagai teknik spamming. Maka, fokuslah kepada konten, buat konten sebaik mungkin berilah pengunjung banyak informasi dari konten yang anda buat. Ini akan membuat artikel kamu nangkring dengan mudahnya di halaman pertama. Namun, jangan lupakan juga teknik SEO onpage seperti menggunakan template blog yang SEO friendly dan offpage.

Kesimpulan

Pada akhirnya kontenlah yang menjadi raja, mungkin kalimat itu yang pantas untuk menutup artikel kali ini, hindari spamming dan fokuslah ke kualitas buakan kuantitas. Anda bisa menggunakan keyword-keyword long tail untuk membuat artikel anda bisa dengan mudah berada di posisi pertama. Sekian, silahkan jika ada pertanyaan bisa didiskusikan di kolom komentar.

Beri Nilai post